Efisiensi Berbelanja di Lazada

LAZADA

Nama anggota: 

  • Geraldo Efton (F11180046)
  • Vienny Chikita (F11200051)
  • Feling Astuti K. (F11200076)

Latar Belakang

Lazada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan jual beli online dan ritel e-commerce, hasil pengembangan dari perusahaan inkubator teknologi internet asal Jerman yaitu Rocket Internet. 

Roket internet juga telah sukses menciptakan berbagai perusahan-perusahaan yang inovatif dan kreatif di berbagai belahan dunia, yang berkantor pusat di Berlin, Jerman. 

Proyek yang dimiliki Rocket Internet lainya di Indonesia antara lain zalora, foodpanda, traveloka. 

Pada tahap awal pengembangannya Rocket Internet banyak membantu mulai dari merekrut tenaga ahli, meyuntikan dana, dan mengimplementasikan platfrom teknologinya. 

Namun setelah lazada mampu berkembang secara mandiri, Rocket Internet tidak lagi banyak terlibat dalam kegiatan operasionalnya. 

Pada saat ini Rocket Internet lebih berperan dari segi investasi dan pendanaannya. 

Selain Rocket Internet, lazada juga mendapatkan suntikan dana dari beberapa investor besar seperti; JP Morgan, Tesco, Temasek Holdings, Summit Partners, Investment AB Kinnevik, Access Industries, dan Verlinvest dengan total pendanaan sekitar $ 520 miliyar.

Lazada merupakan salah satu aplikasi belanja online terbesar di Asia yang diluncurkan pada tahun 2012. 

Ladaza sebagai perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce di indonesia yang berharap dapat memberi kemudahan bagi masyarakat dalam membeli berbagai jenis produk.

Mulai dari produk elektronik, kebutuhan untuk rumah, produk kesehatan serta kencatikan  dengan hanya mengaksesnya di aplikasi lazada.

Lazada sendiri selalu memberikan potongan harga, diskon atau promo lainnya untuk pada pembeli/pengguna aplikasi lazada.

Lazada telah berhasil mencatat beberapa pencapaian yang luar biasa. 

Pada bulan September 2014 lalu lazada Indonesia berhasil melakukan penjualan secara ekslusif smartphone Xiaomi Redmi 1S yang berhasil habis terjual dalam waktu tujuh menit. 

Di bulan tersebut juga, Lazada disebut sebagai situs e-commerce paling populer di Indonesia berdasarkan hasil riset oleh perusahaan riset NusaResearch. 

Kemudian di bulan Desember 2014 lazada juga berhasil mengadakan event Online Revolution 12.12, yaitu event promo yang diprakarsai oleh Lazada yang juga diikuti oleh beberapa perusahan raksasa-raksasa e-commerce tanah air, yang berhasil mencatatkan 10 juta kunjungan pada situs dan aplikasi lazada dalam kurun waktu 24 jam. 

Sampai akhir Desember 2014 tahun lalu tercatat total nilai barang terjual (GMV-Gross Merchandising Volume) di lazada adalah $384 juta dan mengalami peningkatan 300% dibanding tahun sebelumnya.

Sistem E-commerce pada perusahaan Lazada Indonesia

Indonesia benar-benar menjelma menjadi surga bagi para penggiat bisnis E-commerce akhir-akhir ini. 

Tidak hanya pelaku E-commerce lokal, yang dari hari ke hari selalu mencatatkan nama baru di daftar panjang perusahaan E-commerce yang hadir di Indonesia, tetapi E-commerce¬≠ asing pun tak ingin ketinggalan untuk merasakan atmosfer yang cukup baik ini. 

Lazada Indonesia (www.lazada.co.id) lebih berfokus kepada tipe e-commerce B2C atau Business to Customer karena tujuan utama perusahaan adalah menyerap customer individu yang melakukan transaksi di situs mereka. 

Dalam Business to Customer akan lebih terfokus bagaimana mekanisme dasar bagi pembeli untuk mengakses perusahaan tersebut di dalam sebuah web yang sudah disediakan oleh perusahaan. 

Setelah itu bagaimana pelayanan situs tersebut dan yang paling rumit adalah bagaimana menciptakan tantangan utama untuk penjualan. 

E-commerce memberikan pengalaman berbelanja yang sesungguhnya dengan dapat membeli dari rumah dan dapat dilakukan selama 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Pemesanan Produk di Lazada

Perusahaan ini memberikan kesempatan kepada konsumen untuk membeli segala jenis produk yang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan hanya dengan mengakses ke website yang telah disediakan. 

Produk pesanan akan di antar ke rumah-rumah konsumen dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik. 

Pembayaran juga dapat di lakukan dengan uang tunai bila tidak memiliki kartu kredit.

( Gratis Ongkos Pengiriman Kini LAZADA Indonesia memberikan gratis ongkos pengiriman di Indonesia bagian barat dan tengah, dengan minimum akumulasi pembelian sebesar Rp 200.000. 

Program Cicilan 0% LAZADA menawarkan sistem cicilan dengan bunga 0% untuk berbelanja produk-produknya. 

Sistem cicilan ini memiliki jangka waktu cicilan selama 3 bulan dan 6 bulan, untuk semua produk yang ada di Lazada dengan minimum pembelian sebesar Rp 1.000.000,-. 

Bank yang telah berkerja sama dengan LAZADA adalah: BCA, Bank Danamon, BII, dan Standard Chartered Bank. 

Pre-order Product LAZADA menjual beberapa produk dengan permintaan yang tinggi bahkan sebelum produk tersebut dirilis dengan metode pre-order. 

Produk ini sudah terlebih dahulu populer dan ditunggu-tunggu oleh banyak pembeli di Indonesia, dan Lazada memberikan fasilitas pre-order sehingga pelanggan Lazada dapat memiliki produk ini pertama kali tanpa repot mengantri atau berebutan dengan pembeli lain. )

Pelayanan Lazada 

Di Lazada Indonesia memiliki banyak layanan luar biasa atau layanan super antara lain :

  • Layanan Telepon Hotline

pengguna dapat melepon ke nomor telepon yang tercantum di web.

  • Pengembalian barang dalam 14 hari

Lazada Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuaian barang pesanan.

pengembalian barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut.

  • Waktu Kirim

Walaupun belum menerapkan waktu kirim hari yang sama (same day delivery), tapi Lazada Indonesia sudah membuktikan kemajuan baik dalam hal layanan pengiriman. 

Kini pengiriman dilakukan dalam rentang waktu 2-6 hari ke seluruh Indonesia.

Kemudahan penggunaan website & aplikasi : 

Dalam aplikasi lazada terdapat forum chat yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan penjual. Selain itu, terdapat ulasan rating barang pembelian di lazada yang dapat membantu pembeli mengetahui kualitas dari suatu barang. Hal ini membuktikan bahwa level kompleksitas lazada termasuk medium complexity. 

Personalization : 

  • Adanya history yang menunjukkan apa yang terakhir dibeli dan barang yang sering dibeli. 
  • Adanya customization yang memudahkan pembeli untuk meminta produk yang sesuai dengan kebutuhannya. 
  • Adanya contextual yang menempatkan iklan pada aplikasi lazada. 

Social Engagement.

Momentum physical distancing berhasil direbut Lazada Indonesia untuk meningkatkan engagement dengan para pelanggan. 

Melalui teknologi Shoppertainment, Lazada menjangkau lebih dari 1,3 juta pelanggan untuk berinteraksi di ulang tahun ke-8 Lazada yang jatuh di momen physical distancing.

Pihak Lazada juga sangat senang dengan adanya  teknologi Shoppertainment. 

Mereka telah memungkinkan konsumen untuk dapat tetap menikmati beragam hiburan seperti livestream gameshow menarik, dan konser Birthday Show sembari berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka

Lazada menggunakan kecanggihan teknologi livestreaming untuk membawakan keceriaan ulang tahun dan juga promosi langsung ke konsumen di rumah masing-masing.

Admin Lazada aktif mengunggah konten di media sosial, baik instagram maupun twitter setiap harinya sehingga dapat meningkatkan awareness audience terhadap Lazada. 

Bahkan konten yang diunggah di instagram dapat mencapai ribuan likers dan ratusan comment. 

Namun, tidak semua komentar bernada positif, terdapat banyak komentar negatif di instagram Lazada yang menunjukkan complain atau ketidakpuasan terhadap Lazada. 

Melihat komentar negatif tersebut, admin Lazada tidak diam saja. 

Admin terlihat membalas complain dari customer dan memberikan solusi terkait complain. 

Meskipun tidak semua komentar dapat dibalas satu per satu karena terlalu banyak komentar, tapi admin sudah menunjukkan pertanggungjawaban kepada customer.

Terlepas dari komentar negatif, admin Lazada juga berupaya menjalin relasi yang lebih akrab dengan audience. 

Ini dibuktikan dengan adanya panggilan khusus bagi para followers Lazada yaitu “Lazadians”. Kemudian Lazada juga mengunggah quotes yang dapat menyemangati audience, meskipun tidak sering, namun dengan mengunggah quotes maka Lazada dapat meningkatkan keakrabannya dengan audience.

Meskipun tidak semua komentar yang ada di media sosial Lazada bernada positif, tapi setidaknya apa yang dilakukan oleh social manager Lazada dalam memanage media sosial sudah baik dan dapat dicontoh bagi perusahaan-perusahaan yang ingin meningkatkan brand awareness perusahaan melalui media sosial.

Tujuan dan Pesan.

Data pribadi yang Lazada kumpulkan dari para pengguna dapat diungkapkan berbagai tujuan, Seperti berikut ini:

  • Memfasilitasi penggunaan situs web/aplikasi seluler kami,
  • Memproses pesanan Anda,
  • Memfasilitasi pembayaran Anda,
  • Mengirimkan produk yang telah Anda bel,
  • Memberi update kepada Anda tentang pengiriman produk yang telah Anda bel
  • Memverifikasi dan melakukan transaksi keuangan sehubungan dengan pembayaran yang Anda lakukan.

secara online

  • Melakukan penelitian tentang demografi dan perilaku pengguna kami
  • Memberi Anda informasi yang kami anggap dapat bermanfaat atau yang Anda minta dari kami.
  • Mempromosikan layanan tertentu dan menggunakan informasi yang Anda berikan kepada kami, seperti konten yang dibuat pengguna (termasuk konten video),
  • Ditampilkan di papan nilai permainan seluler kami.
  • Mendapatkan atribut turunan lebih lanjut yang berkaitan dengan Anda berdasarkan data pribadi yang diberikan oleh Anda untuk meningkatkan pengalaman Anda bersama kami.
  • Mengirim materi pemasaran atau promosi yang berisi informasi tentang penawaran dan promosi terbaru kepada Anda.

Manfaat menggunakan aplikasi Lazada : 

  • Memudahkan berbelanja tanpa perlu keluar rumah.
  • Memudahkan pembeli dan pedagang dalam menjual dan membeli barang yang dibutuhkan.
  • Menghemat waktu, biaya dan transport.
  • Memperluas jangkauan pemasaran produk.
  • Memudahkan dalam bertransaksi.

Kesimpulan

Lazada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan jual beli online dan ritel e-commerce, Lazada juga berharap dapat memberi kemudahan bagi masyarakat dalam membeli berbagai jenis produk. Perusahaan Lazada juga memberikan kesempatan kepada konsumen untuk membeli segala jenis produk yang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan hanya dengan mengakses ke website yang telah disediakan. Bahkan Lazada juga memberikan fasilitas pre-order berbagai produk yang banyak diminati oleh pelanggan.

You may also like...

3 Responses

  1. New Media Group 1 says:

    bagus banget, saya jadi tahu bahwa belanja di lazada tidak seribet itu dan sangat mudah

  2. Rr. Aulia says:

    Artikelnya sudah baik, sebaiknya untuk data sosial media engagement harus ada sumber yang valid seperti socialinsider

  3. Levina says:

    Artikelnya sangat memberikan informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.