Purwakarta, Si Kota “Pensiun” Yang Menjadi Kota Wisata

Purwakarta merupakan kota kecil yang memiliki sejuta kenangan dan memiliki julukan sebagai “Kota Pensiun” dikarenakan suasananya yang jauh dari hiruk pikuk kendaraan dan lalu lalang manusia membuat Purwakarta layak mendapatkan julukan tersebut. Ditambah lagi dengan letaknya diantara kota besar yaitu Bandung dan Jakarta, semakin jarang sekali orang sengaja datang mengunjungi Kabupaten terkecil kedua se-Jawa Barat itu. Akan tetapi, hal tersebut kini tak berlaku lagi. Pemkab Purwakarta menyulap kabupaten yang biasa-biasa saja itu menjadi ‚Äékabupaten istimewa.

Purwakarta kini telah dikenal di seantero Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Hal itu berkat pembangunan-pembangunan infrastruktur yang berbasis budaya dan oleh pemerintah setempat. Bahkan, kini Purwakarta menjadi target destinasi wisata di Jawa Barat. Melalui aspek wisata ini kita akan membahas, wisata apa saja yang membuat Purwakarta sekarang menjadi destinasi wisata di Jawa Barat. Berikut daftarnya :


Taman Air Mancur Sri Baduga

1. Situ Buleud

Situ Buleud merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan dari luar kota. Situ Beleud hadir dengan berbagai fasilitas lengkap, mulai dari taman, museum, air mancur, hingga beberapa tempat kuliner untuk mengisi perut para pengunjung. Berawal dari sejarahnya yang merupakan kubangan tempat “pangguyangan” para badak hingga mengalami perubahan menjadi destinasi wisata pada saat kepemimpinan Dedi Mulyadi yang sekarang kita kenal sebagai Air Mancur Sri Baduga.

Situ Buleud atau Taman Air Mancur Sri Baduga telah memberikan kebanggan bagi warga Purwakarta. Mulai dari dinobatkannya sebagai Air Mancur Terbesar se-Asia Tenggara, diadakannya pameran budaya mancanegara yang telah dilakukan hampir 3 kali, dan menjadi tempat singgah obor Asean Games 2018. Dengan kebanggan tersebut tentu saja ini membawa kabar baik di aspek pariwisata. Bagi anda yang penasaran ada apa didalam Situ Buleudnya, pengelola memberikan tarif tike masuk sebesar 5000 Rupiah dan hanya dibuka pada saat malam minggu saja.

Klik untuk melihat lokasi sekitar.

Klik untuk melihat rute perjalanan.

2. Situ Wanayasa

Situ Wanayasa adalah salah satu tempat wisata yang menawarkan kesejukan ditambah pemandangan danau dan pohon pinus. Situ ini merupakan salah satu wisata alam ikonik Wanayasa yang masih berada dalam Kabupaten Purwakarta. Danau alami seluas sekitar tujuh hektare ini memiliki sejumlah spot menarik. Kamu bisa pilih spot foto di banyak tempat. Di jembatan menuju pulau atau dengan latar belakang danau dan gunung. Disekitar Situ Wanayasa juga terdapat destinasi wisata lainnya berupa Ujung Aspal dan terdapat makam Bupati Suriawinata I yang terletak di tengah pulau di Situ Wanayasa.

Klik untuk melihat lokasi sekitar.

Klik untuk melihat rute perjalanan.

3. Bendungan Cirata

Setiap danau, situ, waduk ataupun bendungan biasanya merangkap juga jadi tempat wisata. Begitu juga dengan Waduk Cirata Purwakarta. Selain dikenal sebagai tempat wisata yang indah akan pemandangan air dan struktur bendungannya, Waduk Cirata ini berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air yang membendung air Sungai Citarum, sekaligus juga menjadi regulator distribusi air ke wilayah sekitarnya.

Maka dari itu Waduk Cirata inilah yang menjadi ikonik destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta, walaupun bendungan ini diantara tiga Kabupaten yaitu Bandung barat, Purwakarta dan Cianjur. Namun orang-orang lebih sering menyebut waduk ini termasuk dalam wilayah Purwakarta. Untuk akses yang dituju sangatlah mudah, jika dari Kota Purwakarta atau Jakarta kalian bisa menuju ke arah Plered.

Klik untuk melihat lokasi sekitar.

Klik untuk melihat rute perjalanan.


Nah, melalui aspek pariwisata inilah Purwakarta memiliki destinasi ikonik yaitu Waduk Cirata, Situ Wanayasa dan Situ Buleud (Taman Air Sri Baduga). Purwakarta tidak lagi menjadi kota pensiun. Tetapi, ketiga wisata ini telah berhasil menjadikan ciri khas kota Purwakarta yang selalu diingat masyarakat luar Purwakarta dan juga menjadikan Purwakarta sebagai tujuan wisata yang terbilang jarak tempuhnya terjangkau dari Jakarta atau Bandung. (DJ)

CREDITS

Picture and Editing : Juan Ezra

News : Juan Ezra

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.