Virtual Garden Explorer

Never underestimate the healing, power of a quiet moment in the garden.

-Nature Hills Nursery-

PLANTS INFORMATION

PEGAGAN

Tumbuhan Pegagan atau Centella asiatica merupakan tamanan liar yang cukup trend akhir-akhir ini karena kegunaanya dalam produk kecantikan. Tanaman ini dapat tumbuh di kebun, ladang, sawah, dan tepi jalan.

Manfaat: mengurangi atau memudarkan bekas luka dan strechmark, menyembuhkan luka pada kulit, dan melembabkan kulit.

Cara Merawat: Anda dapat membuat tanaman ini menjadi tanaman air atau menanam dengan media tanah yang cukup basah atau kelembaban lebih dari 70%.

CAKAR LOBSTER

Bunga Cakar Lobster juga dikenal sebagai Heliconia rostrata memiliki bunga yang khas dengan bentuk yang unik dan berwarna merah kekuningan. Tanaman ini sekilas memiliki bentuk daun yang mirip dengan tanaman pisang. Tetapi jika diamati lebih dekat, tanaman ini memiliki ukuran yang lebih ramping dibandingkan tanaman pisang.

Cara Merawat: Heliconia menyukai cahaya matahari teduh agar dapat tumbuh dengan baik dan hindari menyiram terlalu banyak untuk mencegah pembusukan akar. Warna coklat akan terlihat pada tepian daun jika tanaman tidak mendapat cukup air.

PALEM PHOENIX

Palem Phoenix merupakan salah satu jenis dari berbagai jenis tanaman palem yang dijual dipasaran. Palem ini memiliki daun yang banyak dan cukup tajam jika tersentuh.

Cara Merawat: Anda dapat memilih untuk menanamnya di pot atau tanah secara langsung. Jika ingin menanamnya di pot, Anda dapat menggunakan media tanah, kerikil, atau sekam kayu. Pastikan juga tanaman mendapatkan cahaya matahari dan yang cukup. Pada saat musim panas, Anda bisa menyiramnya setiap hari dengan air secukupnya. Sedangkan pada musim hujan, Anda dapat menyiramnya pada saat kondisi tanah sedang kering saja.

PAKU TANDUK RUSA

Tanaman ini memiliki bentuk yang khas dan unik karena memiliki daun yang panjang kebawah. Tanaman ini biasanya ditanam dengan media akar pakis dan dapat ditempelkan ke tanaman lainnya.

Cara Merawat: pastikan Anda meletakkan tanaman ini di tempat yang tidak terlalu panas dan teduh. Selain itu, pastikan Anda rajin menyiram tanaman ini agar tidak kering dan mati.

TIPS MERAWAT TANAMAN

1. Perhatikan letak sinar matahari

Tentukan tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup bagi tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Intensitas cahaya matahari yang diterima oleh tanaman berpengaru besar pada umur, warna, serta tinggi tanaman. Namun, perlu diingat bahwa kebutuhan sina matahari bisa berbeda-beda pula tergantung jenis tanaman dan usia tanaman, sehingg penting untuk menyesuaikan intensitas cahaya matahari.

2. Media tanam yang tepat

Ada banyak sekali media tanam yang bisa digunakan, tidak sekedar tanah yang subur. Media-media tanam memiliki fungsinya masing-masing, contohnya adalah media tanam air (hidroponik) yang lebih fleksibel digunakan di area-area tertentu. Adapula serat cocopeat, sekam bakar, hingga polybag yang juga bisa dimanfaatkan untuk menanam. Media tanam yang cocok digunakan juga perlu disesuaikan dengan tanaman yang akan ditanam.

3. Pilih tanaman yang sesuai dengan lingkungan

Tidak semua tanaman bisa tumbuh dalam keadaan apa saja. Ada yang lebih cocok dengan iklim tertentu, ada pula yang benar-benar tidak bisa ditanam di iklim lain selain iklim daerah asalnya. Jika dipaksakan, tanaman bisa mati atau tidak tumbuh sama sekali. Maka dari itu, pilihlah tanaman yang sesuai dengan lingkungan tempat menanam.

4. Jangan gunakan terlalu banyak pupuk

Pupuk terdengar seperti sebuah zat yang mutlak untuk diberikan kepada tanaman. Namun, tidak bijak jika memberi terlalu banyak pupuk kepada tanaman. Pupuk yang terlalu banyak bisa membuat tanaman justru tidak tumbuh/mati. Gunakanlah pupuk secukupnya saja untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

5. Siapkan ruang yang cukup untuk tanaman

Tanaman juga butuh ruang untuk bertumbuh agar pertumbuhannya bisa optimal dan maksimal. Tanaman sebaiknya tidak diletakkan terlalu berdekatan dengan satu sama lain, sehingga pertumbuhannya bisa sempurna. Memberi ruang yang cukup untuk tanaman penting untuk mendukung proses fotosintesis.

PANDAN

Pandan merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai bahan dapur. Selain digunakan untuk pewarna, pandan juga dapat digunakan sebagai pewangi alami untuk makanan dan minuman. Pandan merupakan tanaman yang mudah untuk di taman dan dapat berkembang biak meskipun ditanam dalam polybag. Untuk penyiraman, Anda dapat menyiram tanaman pandan sehari 1-2x tergantung pada cuaca dan kondisi tanah. Pastikan untuk tidak menyiram terlalu banyak untuk terhindar dari pembusukan akar.

SINGKONG

Singkong merupakan tanaman yang sudah sangat familiar. Daun dan buahnya bisa digunakan untuk bahan masakan dan dikonsumsi oleh manusia. Metode menanam singkong pun tidak sulit. Tanaman ini ditanam dengan metode stek batang. Batang singkong dipotong pendek-pendek dengan ukuran sekitar 30-40 centimeter. Lalu, bakar bagian ujungnya yang menghadap ke atas agar singkong tidak tumbuh ke atas. Tanamlah tanaman singkong di tanah yang sudah diberi bedeng dan pupuk kandang. Daunnya bisa dipanen setelah 25-40 hari. 

There is no better satisfaction than harvesting from your own garden.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.